5 Cara Mudah Mengurangi Stress Agar Hidup Menjadi Lebih Sehat - Secara sederhana, stres adalah gangguan mental yang dialami oleh seorang individu akibat adanya tekanan pada hidupnya. Stres yang terjadi secara berkepanjangan akan dapat memicu kemunculan penyakit-penyakit tubuh lainnya yang mengancam kesehatan seperti gangguan jantung.

Pada saat seseorang mengalami stres, maka produksi hormon kortisol dan hormon adrenalin akan meningkat. Ketidakseimbangan hormon inilah yang memicu sejumlah penyakit tubuh lainnya. Untuk menghindari berbagai ancaman kemungkinan penyakit, maka mengurangi stres adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengurangi stres berlebihan agar membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat.

1. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga merupakan salah satu cara mudah mengurangi stres pada tubuh. Ketika tubuh bergerak karena olahraga, secara alamiah ia akan melepaskan suatu zat kimia yang akan membuat Anda merasa lebih baik sehingga bisa mengurangi stres yang dialami.

Tidak perlu untuk olahraga yang berat-berat. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan saja semisal stretching, yoga, jogging, ataupun juga bersepeda. Beberapa jenis olahraga yang ringan ini bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat.

2. Lakukan Kegiatan yang Menjadi Hobi Anda

Setiap orang tentulah memiliki hobi. Dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai, akan bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih relax, sehingga mengurangi tingkat stres yang Anda miliki.

3. Lakukan Sharing dengan Orang Terdekat

Bercerita kepada orang terdekat yang sangat anda percayai merupakan langkah yang sangat ampuh untuk mengurangi stres. Dengan bercerita atau sharing maka Anda akan bisa berbagi permasalahan dan tekanan yang dialami tersebut kepada orang lain sehingga Anda tidak akan merasa sendirian.

4. Memiliki Pola Hidup Sehat

Dengan memiliki pola hidup sehat, maka peluang untuk terjangkit stres akan berkurang. Pola hidup sehat yang perlu dimiliki antara lain adalah tidur yang cukup, tidak merokok, tidak meminum minuman beralkohol maupun obat terlarang.

5. Mempunyai Hewan Piaraan

Hewan piaraan menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan stres pada tubuh. Membelai, memeluk, ataupun menyentuh hewan piaraan dengan penuh kasih sayang akan bisa meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamine yang dapat memberikan efek menenangkan otot dan pikiran sehingga dapat menurunkan kadar stres yang Anda miliki.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah mengurangi stres yang bisa dipraktikkan. Tubuh yang bebas dari rasa stres akan menjadi lebih sehat dan produktif. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengurangi tingkat stres yang Anda miliki agar tubuh menjadi lebih sehat.