Tips Aman Berwisata saat Masa Transisi - Setelah beberapa bulan ke belakang masyarakat di Indonesia harus berdiam diri di rumah, kemudian memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan saat ini Indonesia akan memasuki era kenormalan baru (New Normal).

Saat masyarakat dituntut untuk berdiam diri di rumah tempat-tempat umum ditutup seperti sekolah, tempat ibadah, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan juga tempat wisata. Kini beberapa tempat tersebut sudah mulai dibuka kembali seperti mall, tempat ibadah, juga perkantoran.

Untuk tempat wisata, saat ini beberapa kawasan Taman Nasional, Taman Wisata Alam, juga Suaka Margasatwa sudah mulai dibuka secara bertahap dan akan menerima kunjungan alam atas beberapa pertimbangan.

Pembukaan tempat wisata tersebut tentu saja harus sesuai dengan protokol kesehatan yang lengkap. Berikut tips aman berwisata :

Lokasi Tujuan Wisata

Sebelum berwisata Anda sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu tempat tujuan wisata yang akan Anda datangi salah satunya termasuk apa diperlukan untuk membawa surat keterangan sehat.

Selain itu Anda harus memastikan tempat itu telah menerapkan protokol kesehatan diantaranya membatasi pengunjung yang datang, tersedianya tempat untuk mencuci tangan, mewajibkan penggunaan masker juga menerapkan aturan physical distancing.

Dokumen Penting

Biasanya saat akan berpergian Anda membawa KTP, kali ini Anda harus membawa Kartu Keluarga untuk berjaga-jaga jika ada check point atau kebutuhan lainnya. Untuk pengemudi pastikan membawa kelengkapan berkendara.

Protokol Kesehatan

Tips aman berwisata selanjutnya adalah mematuhi protokol kesehatan. Pergi berwisata tentu saja akan ada banyak orang yang berkunjung, pastikan Anda dan keluarga agar disiplin menjalankan protokol kesehatan, yaitu pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak aman.

Membawa Perlengkapan

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah membawa perlengkapan pribadi seperti, masker cadangan, handsinitizer, sabun cair untuk cuci tangan, tisu basah, serta perlengkapan shalat dan tempat makan pribadi.

Kebersihan Mobil

Untuk Anda yang pergi dengan menggunakan mobil pribadi usahakan selalu menjaga kebersihan mobil, cuci mobil sebelum dan setelah pergi dari tempat wisata. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, pastikan selalu menjaga protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Itulah beberapa tips aman berwisata. Ketika Anda ingin pergi berwisata bersama dengan keluarga. Tetap selalu menjaga kebersihan dan selamat menikmati liburannya.